Social Bella, perusahaan beauty-tech mengeluarkan hasil penelitian terbaru bertajuk Beauty Consumer Behavior and Trend Report dari Insight Factory by SOCO. Dalam laporan tersebut, Gen Z paling tertarik membeli produk-produk yang sedang trending dibandingkan Milenial.
Christopher Madiam, Co-Founder & Chief Executive Officer (CEO) Social Bella menjelaskan penelitian melibatkan lebih dari 6 juta SOCO member diolah oleh tim riset sebagai laporan yang mencerminkan kondisi sebenarnya industri kecantikan Indonesia yang terus tumbuh secara resilien. Laporan ini dapat menjadi referensi utama bagi pelaku industri dalam mengambil keputusan strategis dan bersama-sama mengakselerasi kemajuan sektor kecantikan.
BACA JUGA: Dipimpin Temasek dan L Catterton, Social Bella Raih Pendanaan Rp 920 Miliar
Secara terperinci, hasil penelitian menyebutkan Gen Z memimpin secara signifikan dalam pertumbuhan penjualan produk yang trending dibandingkan Milenial selama 2023. Di kategori perawatan tubuh, pembelian body sunscreen oleh Gen Z tumbuh sebesar 175% dibandingkan 106% pada Milenial.
Untuk acne pimple patch, pertumbuhan pembelian Gen Z mencapai 69% dibandingkan 33% pada Milenial. Dalam kategori perawatan rambut, pembelian produk hair mist oleh Gen Z meningkat sebesar 227%, lebih tinggi dibandingkan Milenial yang sebesar 113%.
BACA JUGA: Social Bella Kenalkan Model Bisnis Baru Garap SHEconomy
Di kategori wewangian, pembelian parfum oleh Gen Z meningkat 304% dibandingkan 160% pada Milenial. Sementara itu, untuk kategori makeup, pembelian cushion oleh Gen Z meningkat sebesar 105%, sedangkan Milenial sebesar 59%.
“Gen Z lebih informatif dan eksploratif dalam berbelanja, cetak pertumbuhan penjualan paling pesat di seluruh kategori produk kecantikan di Indonesia,” kata Christopher dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (7/8/2024).
Temuan lain dari penelitian ini yakni terkait dengan literasi produk kecantikan Gen Z dan Milenial di Indonesia. Survei membuktikan peningkatan literasi konsumen Indonesia yang signifikan dalam berbelanja produk kecantikan.
Sebanyak 77% konsumen kecantikan membaca ulasan sebelum melakukan pembelian. Konsumen pun semakin cerdas dan selektif dalam memilih produk, dengan meningkatnya pengetahuan tentang kandungan dan efektivitas produk.
“Gen Z, khususnya, lebih berpengetahuan dan spesifik dalam mencari tahu mengenai kandungan dan bahan aktif produk. Hal ini terlihat dari bahan-bahan produk yang paling banyak dicari selama 2023, yakni diantaranya centella, rice, salicylic acid, snail mucin, dan niacinamide,” ujarnya.
Sementara itu, Amanda Melissa, VP Data Management & Business Intelligence Social Bella menambahkan penelitian ini turut memotret tingkat pengeluaran Gen Z dan Milenial dalam berbelanja produk kecantikan. Data menyebutkan dalam jumlah uang yang dikeluarkan Milenial lebih tinggi dibandingkan Gen Z.
Tercatat, hampir setengah dari total responden Gen Z (48%) mengeluarkan kurang dari Rp 150.000 per transaksi, sedangkan hanya sekitar sepertiga dari responden Milenial (34%) yang mengeluarkan jumlah yang sama. Sebanyak 28% dari Milenial mengeluarkan lebih dari Rp 300.000 per transaksi, sementara untuk Gen Z tercatat sebanyak 17%.
“Milenial bersedia mengeluarkan budget lebih untuk membeli produk yang menawarkan nilai tambah (added value), baik dari kualitas produk ataupun prinsip tertentu yang diusung dari brand. Di sisi lain, Gen Z lebih informatif dan eksploratif terhadap tren dan inovasi produk terbaru, sehingga tak heran Gen Z mampu mendorong pertumbuhan paling pesat di seluruh kategori produk kecantikan, baik perawatan kulit, makeup, parfum, perawatan tubuh, dan rambut,” kata dia.
Editor: Ranto Rajagukguk
link