• Sat. Jul 13th, 2024

Business Matching, Cara Pemkot Batu Kembangkan Produk Lokal



Kota Batu

Pemkot Batu berupaya untuk mendorong geliat produk lokal agar bisa berkembang lebih baik lagi. Salah satu langkah nyata yang dilakukan Pemkot Batu adalah melalui kegiatan Business Matching Gerakan Bangga Produk Lokal.

Kegiatan yang digelar di Graha Pancasila Balai Among Tani Kota Batu pada Rabu (1/11/2023) itu dihadiri ratusan peserta yang terdiri dari pelaku usaha, komunitas, pemerintah hingga regulator. Tujuan kegiatan ini untuk membantu para pelaku usaha mendapat pembinaan dan advokasi.

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai mengatakan bahwa kegiatan Busines Matching ini adalah sebuah ruang pertemuan bisnis antara pemerintah dengan pelaku usaha serta salah satu langkah untuk memperkenalkan produk lokal para pelaku usaha.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dengan dikenalnya produk lokal diharapkan nantinya para pelaku usaha di Kota Batu bisa turut berkembang dan bersaing di pasar nasional hingga internasional. Tentu, jika produk lokal bisa bersaing di pasar yang lebih baik akan berdampak pada meningkatnya perekonomian.

“Kegiatan ini murni inisiasi dari Pemkot Batu dan kami ingin mengangkat ekonomi masyarakat yang kita tahu saat ini perubahannya begitu cepat” ujar Aries.

“Ke depan kami ingin mengundang para pelaku ekonomi yang ada di Batu untuk langsung bertemu dengan para pengusaha dan pemerintah mulai Provinsi hingga Pemerintah tingkat nasional. Dengan begitu para pelaku ekonomi lokal bisa berkompetitif di tingkat nasional hingga internasional,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Setda Kota Batu, Dian Fachroni menyampaikan ada 5 tujuan utama digelar kegiatan ini. Mulai dari untuk wadah memperluas jaringan yang mana pemerintah bisa bertemu dengan beragam pelaku usaha.

Kemudian, sebagai media promosi karena dalam kegiatan tersebut para pelaku usaha bisa memperkenalkan produknya secara personal. Dalam kegiatan itu, pelaku usaha juga mendapatkan peluang usaha untuk menjual produk dan jasa kepada pemerintah.

“Selain itu harapan kami ada peningkatan jumlah produk tayang dari para pelaku usaha yang terdaftar dan transaksi melalui belanja pengadaan barang dan jasa Pemkot Batu lewat E-Katalog lokal,” ujar Dian.

Berdasarkan data per 1 Januari 2023 nilai transaksi E-Katalog lokal baru hanya sebanyak 1.220 produk tayang dari 96 penyedia, sementara hingga akhir Triwulan lll ini sudah ada 11.256 produk tayang dari 419 penyedia. Dari data tersebut terlihat adanya kenaikan yang sangat banyak.

Simak Video “Foto-foto Asik Dengan Latar Bunga Cantik di Taman Bunga Pagupon Kota Batu
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)

link

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *