• Sat. Jul 20th, 2024

Pj. Gubernur Lampung Harapkan Bussines Matching Produk Unggulan Perkebunan Menjadi Daya Ungkit Pertumbuhan Ekonomi Lampung

Bandar Lampung — Pj. Gubernur Lampung Samsudin membuka acara Business Matching Produk Unggulan Perkebunan di Provinsi Lampung sekaligus mengukuhkan Pengurus Dewan Rempah Kejayaan Indonesia (DRKI) wilayah Lampung masa bakti 2024-2029 di Hotel Swiss Bell, Selasa (2/7/2024).

Berdasarkan data BPS Tahun 2023, perekonomian Provinsi Lampung masih didominasi oleh lapangan usaha sektor Pertanian, kehutanan dan perikanan dengan konstribusi terhadap Produk Dosmetik Regional Bruto (PDRB) sebesar: 27,29 %, untuk sub sektor perkebunan pada tahun 2023 menyumbang PDRB sebesar 6,39 %.

Pj. Gubernur Lampung Samsudin memgatakan bahwa Kegiatan Temu Bisnis (Business Marching) Produk Perkebunan di Provinsi Lampung merupakan salah satu upaya pengembangan pemasaran dan keberlanjutan kemitraan antara pekebun dan pelaku usaha sektor perkebunan khususnya komoditas kakao, kopi, dan rempah. 

Lebih lanjut Samsudin mengatakan bahwa Business Matching mempertemukan visi dan tujuan bersama dalam mewujudkan pertumbuhan sektor perkebunan di Provinsi Lampung yang merupakan momentum bagi industri dan perdagangan di Provinsi Lampung untuk memperluas cakupan pasar, meningkatkan daya saing produk, dan menciptakan nilai tambah yang signifikan dari produsen perkebunan. 

Sehingga output dari kegiatan ini yaitu dihasilkannya penandatanganan kesepahaman atau perjanjian Kerjasama (Memorandum of Understanding) antara pelaku usaha dengan trader.

Pj. Gubernur Samsudin berharap dengan adanya Business Matching ini dapat menjadi wadah untuk berdiskusi guna menyatukan persepsi dan gerak langkah, agar terus bersinergi dalam pembangunan sub sektor perkebunan yang inovatif yang dapat menjadi daya ungkit bagi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung.

Pj Gubernur Samsudin juga mengucapkan selamat kepada Pengurus Dewan Rempah Kejayaan Indonesia Wilayah Lampung yang telah dilantik.  

“Saya mewakili masyarakat Provinsi Lampung mengharapkan kerjasama dan peran serta DRKI untuk lebih mengoptimalkan agribisnis rempah di Provinsi Lampung,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Jendral DRKI Pusat Nuning S. Barwa mewakili Ketua Umum DRKI Cokorda Ngurah Agung Kusuma Yudha menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya atas penyelenggaraan Business Matching Produk unggulan di Provinsi Lampung.

‘”Saya atas nama Ketua Umum DRKI menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan acara ini,” ucap Nuning.

Sementara itu dalam laporannya, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Lampung Yuliastuti menyampaikan bahwa Kegiatan Business Matching Produk Unggulan Perkebunan di Provinsi Lampung akan diselenggarakan dari tanggal 2 Juli – 4 Juli 2024 di hotel Swiss Bell dan melibatkan 60 pelaku usaha perkebunan dan kelompok tani pelaku agribisnis kakao, Kopi dan lada.

(Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung)

link

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *