Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) HETI project menunjukkan komitmen untuk meningkatkan kapasitas para innovator dalam menyampaikan ide inovasi dan memperoleh feedback langsung dari para praktisi industri melalui Workshop Go-To-Market Business Pitching, Sabtu (7/9).
Acara Go-to-Market Business Pitching diselenggarakan sebagai bagian dari kegiatan pelatihan dan hilirisasi penelitian dari program hibah HETI ITS pada hari Sabtu, 7 September 2024, di Gedung Rektorat ITS. Acara ini menghadirkan berbagai perwakilan industri dan pakar untuk memberikan umpan balik dari perspektif industri serta memperluas jaringan bisnis. Tidak hanya itu, acara ini juga dihadiri oleh Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D., Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemendikbudristek.
Peserta pitching merupakan peserta pelatihan dan peneliti yang menerima pendanaan hibah dari HETI ADB ITS. Setiap peserta mendapatkan waktu 5 menit untuk mempresentasikan produk inovatifnya. Selanjutnya, panelis akan memberikan feedback terkait dengan produk dan teknik penyampaian yang dilakukan. Hal ini penting bagi peserta untuk membuka wawasan baru mengenai cara efektif menjual produk mereka kepada calon investor, mitra industri, dan pasar.
Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk menghubungkan antara peneliti dan industri dan membantu mengidentifikasi kesenjangan yang ada dalam proses hilirisasi produk inovasi. Kesenjangan ini sering kali menjadi hambatan bagi peneliti dalam memasarkan produk innovasi mereka ke pasar.
Adanya hambatan tersebut menjadikan dibutuhkan spesialisasi dalam menjembatani antara peneliti dan industri, khususnya pada aspek pemasaran. Tim khusus yang bertugas memasarkan produk inovatif dari para peneliti kepada industri sehingga semua pihak dapat fokus pada bidang keahlian masing-masing.
Acara Go-to-Market Business Pitching ini berhasil diselenggarakan untuk memfasilitasi hubungan antara peneliti dan industri dan memberikan pandangan terkait pentingnya kolaborasi dalam pemasaran produk. Melalui pengidentifikasian kesenjangan dan memberikan feedback yang membangun, kegiatan ini memberikan pengetahuan dan strategi yang dibutuhkan peserta untuk menghilirisasikan produk inovasi pada pasar.
Reporter: Roufummustaghfiroh
link