• Tue. Sep 17th, 2024

Bentoel Group Buka-bukaan soal ESG hingga Produk Lebih Rendah Risiko

Bentoel Group Buka-bukaan soal ESG hingga Produk Lebih Rendah Risiko

JAKARTA, investor.id – Dalam gelaran IDX Channel ESG Conference yang berlangsung pada  Rabu (14/8/2024) lalu, Bentoel Group turut ambil bagian dalam salah satu diskusi panel. 

Presiden Direktur Bentoel Group, William Lumentut, hadir menjadi salah satu panelis pada sesi  pertama yang bertemakan ”How Can Companies Generate Value through Sustainability Action”. Dalam sesi diskusi bersama para pembicara lain dari PT PLN (Persero), PT Kalbe Farma Tbk, dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

William menekankan bahwa sebagai korporasi  yang bertanggung jawab, ESG menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari operasional bisnis  Bentoel Group. Sejalan dengan komitmen BAT Group, Bentoel Group mengatakan ingin mencapai status NET Zero karbon pada 2050. Tujuan besar ini diwujudkan melalui berbagai  inisiatif reduce, reuse, recycle di berbagai lini bisnis perusahaan. 

Dalam paparannya, William  membagikan perkembangan capaian ESG Bentoel Group, di antaranya:

– Mengurangi emisi karbon untuk Scope 1 dan 2 sebesar 83% pada tahun 2023  dibandingkan baseline tahun 2020;

– Daur ulang sebesar 94% sampah yang dihasilkan dari operasional bisnis; dan

– Pengurangan penggunaan air hingga 75%. 

Menanggapi pertanyaan moderator dan peserta tentang perubahan tren konsumen, William  mengatakan bahwa perusahaan saat ini tengah berinovasi untuk memenuhi kebutuhan  konsumen dengan memperkenalkan produk-produk alternatif yang memiliki potensi risiko  lebih rendah, seperti rokok elektronik dan vape. 

Dengan tegas, William menyampaikan bahwa  produk-produk tersebut tidak bebas risiko, namun didukung dengan berbagai penelitian  internal maupun lembaga independen, baik di luar negeri maupun di Indonesia, produk-produk alternatif tersebut terbukti memiliki potensi risiko yang lebih rendah dibandingkan  dengan rokok konvensional. 

Inovasi ini juga merupakan bagian komitmen perusahaan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik dengan mengurangi dampak kesehatan dari bisnis. 

“Perusahaan memiliki komitmen yang jelas dengan master plan terukur. Secara internal, kami memiliki slogan ‘ESG front and centre’ yang kami terjemahkan menjadi aksi nyata dan kami  menyebutnya dengan kampanye ’Bangun Bangsa’ yang menjadi pilar dan payung  keberlanjutan di Indonesia,” ungkapnya dikutip dari keterangan resmi, Jumat (16/8/2024). 

Melalui kampanye ’Bangun Bangsa’, Bentoel Group melakukan aksi nyata dalam berbagai bidang seperti: (1) pengurangan emisi karbon; (2) penatakeloaan sumber daya air; (3)  pengolahan limbah; (4) menciptakan dampak sosial yang positif melalui pengembangan UMKM yang lebih inklusif.

Editor: Theresa Sandra Desfika
([email protected])

Follow Channel Telegram Official kami untuk update artikel-artikel investor.id

Follow

Baca Berita Lainnya di Google News

Read Now

IDTV Link



LIVE STREAMING

Saksikan tayangan informasi serta analisis ekonomi, keuangan, dan pasar modal di IDTV

link

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *