• Sat. Jul 20th, 2024

Pasar Produk Teknologi Bakal Terus Tumbuh di Indonesia


Jakarta

GfK Indonesia mengungkap sejumlah insight mengenai pasar Tech & Durable (T&D) di Indonesia, yang menyoroti tren terkini dan peluang yang menarik di masa depan.

“Indonesia merupakan pasar yang sangat menjanjikan untuk produk Tech & Durable, terutama jika dibandingkan dengan tren global. Terlepas dari kondisi pasca pandemi dan perubahan perilaku konsumen, para pelaku industri harus aktif mencari cara bertumbuh,” kata Adrie Suhadi, Managing Director NIW dan GfK Indonesia, dalam keterangan yang diterima detikINET.

Perekonomian Indonesia terbilang stabil dan diproyeksikan akan menghasilkan PDB terbesar ke-4 di dunia sebesar USD 10,5 triliun pada tahun 2050, setelah China, Amerika Serikat, dan India.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut perusahaan pasar itu, Indonesia memiliki populasi yang sangat besar dan kelas menengah yang tumbuh pesat sehingga mendorong aktivitas ekonomi yang menciptakan pasar domestik yang signifikan. Sumber daya alam Indonesia, termasuk minyak, gas, mineral, dan tanah yang subur, dapat dimanfaatkan untuk lebih memajukan pembangunan perekonomian di masa depan.

Sebenarnya nilai penjualan produk T&D di Indonesia secara keseluruhan mengalami penurunan sebesar 12,4% pada 2023 lalu, yang menurut GfK masih merupakan dampak dari pandemi. Namun GfK memperkirakan tren apsar dan konsumen bakal meningkat pada tahun 2024 dan ke depannya.

Tren tersebut meliputi peningkatan minat konsumen terhadap produk premium dan konsumen mengharapkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan.

Kategori Technical Consumer Goods mengalami peningkatan

Meskipun kategori Technical Consumer Goods (TCG) berkontribusi pada penyesuaian pasar T&D secara keseluruhan pada tahun 2023, tanda-tanda pemulihan yang positif mulai terlihat. Laporan POS Retail Audit GfK menunjukkan tren positif menuju stabilisasi sepanjang tahun 2023, dengan sebagian besar kelompok produk dalam TCG mengalami peningkatan kuartalan yang konsisten.

Momentum ini memuncak pada lonjakan pertumbuhan yang tinggi selama kuartal terakhir 2023. Lintasan positif ini berlaku untuk berbagai segmen produk, termasuk telekomunikasi, IT & perkantoran, consumer electronics (CE), foto, major domestic appliance (MDA), dan small domestic appliances (SDA).

Sektor komponen otomotif berkembang pesat
Kategori otomotif melampaui tren secara keseluruhan, mencapai pertumbuhan tahunan yang mengesankan sebesar 17,6% pada tahun 2023. Kategori otomotif mengalami pertumbuhan yang sehat selama tahun 2023 di mana semua kelompok produk dari kategori otomotif (baterai mobil dan motor, ban mobil dan motor, oli mobil dan motor, dan oli gigi transmisi) tumbuh setiap tahunnya.

Keberhasilan ini mencerminkan pertumbuhan jumlah kendaraan yang terdaftar di Indonesia, seiring dengan kebutuhan perawatan rutin untuk semua jenis kendaraan.

GfK melihat adanya pergeseran perilaku pembelian pada kategori ini. Di mana konsumen kini beralih ke produk-produk berkualitas tinggi dengan rasio harga dan manfaat yang sesuai, yang juga terjadi di sektor T&D. Pergeseran ini terutama terjadi pada produk pelumas untuk mobil dan motor.

“Konsumen Indonesia menunjukkan pergeseran dalam perilaku pembelian, dengan memprioritaskan value dibandingkan harga. Mereka semakin tertarik pada produk-produk di segmen menengah dan premium yang menawarkan rasio harga dan manfaat yang rasional. Tren ini mendorong pertumbuhan kuat yang kami amati di Q4’2023,” kata Candra Wibawa, Director of Customer Success Indonesia, GfK, dalam keterangan yang sama.

Candra pun membagikan tips sukses untuk perusahaan di sektor T&D di Indonesia, yaitu:

  • Memprioritaskan premiumisasi: Konsumen semakin tertarik pada produk-produk berkualitas tinggi. Brand dapat memanfaatkan tren ini dengan berfokus pada penawaran produk kelas menengah dan premium.
  • Promosi strategis: Kampanye promosi yang dikelola dengan baik dapat meningkatkan kinerja penjualan secara signifikan.
  • Keunggulan omnichannel: Memberikan pengalaman pelanggan yang konsisten dan menyenangkan di semua channel – online, offline, dan mobile – agar bisa menyesuaikan diri dengan perilaku konsumen yang terus berubah.
  • Keunggulan dalam inovasi: Mengembangkan produk-produk yang inovatif sangat penting agar bisa menonjol dalam lanskap persaingan.

Simak Video “Teknologi Pemurnian Air Bantu Kurangi Limbah Botol Plastik
[Gambas:Video 20detik]

(asj/asj)

link

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *