• Sat. Jul 20th, 2024

Transaksi Terbesar Business Matching BSI International Expo Berasal dari Buyer Mesir

ILUSTRASI. Direktur Utama BSI Hery Gunardi menyampaikan sambutan saat pembukaan BSI International Expo 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Bank Syariah Indonesia Tbk telah sukses menggelar BSI International Expo 2024 selama periode 20-23 Juni 2024 dengan mencetak  transaksi lebih dari Rp 2 trilion dengan pengunjung sebanyak 52.000.

Sementara itu, business matching atau pertemuan bisnis yang terjadwal antara pelaku bisnis dengan calon mitra menghasilkan total volume transaksi sebesar Rp 290 miliar. Nominal tersebut diraih melalui jumlah kesepakatan atau NoA (Number of Agreements) sebanyak 63.

Business Matching merupakan salah satu agenda besar dari gelaran BSI International Expo 2024 yang merupakan pameran ekosistem keuangan syariah dan halal lifestyle. Adapun negara asal buyers yang melakukan kesepakatan melalui business matching seperti, Mesir, Saudi Arabia, Filipina, Uni Emirat Arab, dan Lithuania. 

Buyer dari Mesir  meraih peringkat pertama dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pembelian produk unggulan Indonesia. Nilainya mencapai US$ 6,69 juta

Baca Juga: BSI International Expo 2024 Impresif, Nilai Transaksi di Atas Rp2 T

Kehadiran buyer Mesir dalam business matching tersebut merupakan hasil dari fasilitasi KBRI Kairo yang bekerja sama dengan BSI. Kerja sama ini bertujuan untuk memberikan akses pasar global kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam negeri.

Penyerahan predikat pertama yang diraih buyer dari Mesir tersebut dilakukan padal 23 Juni 2024 disaksikan oleh 

Atase Perdagangan KBRI Kairo, M. Syahran Bhakti S, mengatakan produk-produk komoditas halal Indonesia terus dicari oleh buyer dan pelaku usaha Mesir. Kesempatan untuk penjajakan dan negosiasi harga masih terbuka lebar. 

Ia bilang, beberapa produk yang diminati dan dibeli oleh buyer Mesir meliputi kopi dan minuman coklat antara Delta Sweets Egypt dengan UMKM Binaan PT Sarinah, produk herbal drink antara Delta Sweets dengan Gundanesia Indonesia, produk mete peanut dan Po’ong Coffee antara Seagul Egypt dengan Sentra IKM, Labuan Bajo. 

“Selain itu, produk Tempeh Chips antara Seagul Egypt dengan PT Arva Indonesia, produk briket arang kelapa antara PT Ragaplasma dengan Egyptian Coconut Charcoal, serta biji kopi robusta antara Indra Brother Indonesia dengan Food Land Import & Export Egypt.” kata dia dalam keterangan resminya, Kamis (4/7).

Baca Juga: Aksi Akuisisi Semarakkan Industri Perbankan Syariah

Hery Gunardi, Direktur Utama BSI, berharap keberhasilan BSI International Expo tahun ini dapat menjadi dorongan besar bagi pertumbuhan ekonomi halal di Indonesia, sekaligus mempromosikan literasi dan inklusi ekonomi halal.

“Dengan capaian ini, KBRI Kairo bersama BSI berkomitmen untuk terus mendukung dan memfasilitasi pelaku usaha Indonesia agar dapat lebih mudah menembus pasar global, khususnya di wilayah Timur Tengah,” imbuhnya.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Mesir, Lutfi Rauf, berharap business matching lewat International Expo ini dapat menjadi titik temu, membuka peluang bisnis, dan saling mengetahui minat para buyer potensial Mesir. Sehingga, akan membantu para pelaku usaha UMKM memastikan produk yang dipesan sesuai dengan yang diharapkan. 

“Upaya saling dukung antara para stakeholder di Indonesia sangat penting untuk memberikan kesempatan kepada para pelaku usaha Indonesia agar memiliki daya saing tinggi. Harapannya, kelak Indonesia dapat menjadi pusat industri halal global,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




link

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *